Total Pengunjung 154931
Oleh Bagus Setiawan, 2017-11-09, Dibaca 49 Kali

Penulis Darwin Sandy - 4 November 2017

JPNews.co.id, SUKABUMI – PT BUMR Pangan merambah kerjasama dengan pesantren di Sukabumi. Sabtu (4/11) sore, bertempat di Pabrik Pengolahan, Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, digelar pertemuan antara PT BUMR Pangan dengan 20 pesantren yang tergabung dalam Asosiasi Pesantren Penggerak Pangan Nusantara (AP3N) se-Jawa Barat.

Langkah ini digagas Komisaris BUMR Pangan, Luwarso yang ingin menggaet AP3N sebagai Mitra Syariah sekaligus mengembangkan ekonomi berbasis pesantren. Luwarso mengaku, pangan sebagai kebutuhan sehari-hari memerlukan jaminan sehat, higienis dan bersih dari najis pada saat pengolahannya hingga aman untuk dikonsumsi.

“Kedepan, kita ingin pemberdayaan ekonomi umat berbasis pesantren. Kita ingin tumbuh bersama kiai. Pangan ini tetap menjadi fokusnya ulama. Para kiai dan ulama ini yang secara syariah akan mengawal. Selama ini kan produk pangan kita itu baru halal, tapi belum toyyibah,” ungkap Luwarso kepada JPNews.co.id, disela-sela pertemuan.

Secara bisnis, Luwarso mengaku sangat diuntungkan. Hal itu lantaran pesantren diisi oleh orang baik maupun orang yang berniat baik. Civitas akademika pesantren yang bersifat menyeluruh menjadi segmen tersendiri tanpa harus bersaing dengan pasar-pasar lainnya.

“Kita tidak merebut pasar apapun, dimanapun dan kapanpun. Tapi kita membuat pasar sendiri. Dari kita untuk kita. Ini namanya alternatif tata niaga Indonesia, melihat potensi karakter di pesantren-pesantren yang secara otomatis diisi oleh orang-orang baik,” tandas Luwarso.

Sumber : JPNews.co.id


comments powered by Disqus